skip to Main Content
Branding with Purpose | One-Stop Branding Solutions About & Services halo@ardiandinar.net
Tools Bisnis Gratis, Tanpa Repot dan Keluar Browser

Tools Bisnis Gratis, Tanpa Repot dan Keluar Browser

Tools Bisnis Gratis - Ardian Dinar Pratama



Tools Bisnis Gratis bagi Pekerja Kreatif?

Beneran? Bukannya kita harus beli, memiliki laptop kekinian dan menginstallnya terlebih dahulu?

Perkembangan digital di dunia dan Indonesia yang sangat masif membuat beberapa perubahan signifikan dalam tataran kehidupan manusia. Salah satunya transformasi aplikasi atau tools untuk menunjang pekerjaan kita. Padahal semula kita harus membeli dan belajar otodidik secara kontinu untuk dapat mahir menguasainya.

Sekarang? Kita dimudahkan dengan adanya teknologi terlebih sudah tersedianya aplikasi web-based. Kita tidak perlu lagi menginstall aplikasi yang cukup berat di laptop. Bukankah ini sebuah inovasi yang menguntungkan? Yeahh benar, ini kabar gembira bagi kita semua. Terlebih bagi kita yang hanya memiliki laptop dengan spesifikasi Low-mid end.

Maka dari itu, aku disini akan menyajikan beberapa pilihan tools bisnis gratis web based yang dapat kamu manfaatkan untuk menunjang pekerjaan atau kegiatan lainnya yaa.

Eits, sebelum mengaksesnya nih, kamu bisa bookmark artikel ini biar suatu saat kalo butuh tinggal klik & ngerjain tanpa perlu repot bahkan mikir karena lupa alamat websitenya hehe 🙂

Kuy! Mulai dari sini ..

1. Tools Design & Art

a. Canva, bagi beberapa orang pasti udah tau nih tools bisnis gratis khusus desain ini. Pilihan format yang beragam dan peralatan design yang cukup lengkap menjadi nilai tersendiri bagi aplikasi tersebut.

b. Snappa, user interface yang sederhana dana clean membuat aplikasi ini menjadi salah satu pilihanku nih. Namun bagi pengguna gratisan, hanya dibatasi sehari dapat membuat dan mengunduh 5x saja yaa.

c. Behance, kamu calon seorang desainer grafis? Website ini pastinya penuh referensi yang mengagumkan dari kreator internasional maupun lokal. Disana kamu bisa mendapatkan insight dan sekaligus memposting hasil karyamu sebagai portfolio yang kemudian bisa menjadi bekal untuk dihire perusahaan maupun kerjasama.

d. Dribbble, fungsinya mirip seperti Behance sih. Namun disini kamu juga akan dipertemukan dengan komunitas designer terbesar di Dunia loh.

e. Flaticonbutuh icon untuk menghias designmu? Unduh sepuasnya dengan mengunjungi website ini. Kamu akan disajikan beberapa pilihan menarik baik satuan, paket hingga template khusus loh.

f. UISpace, Tenang website ini mengumpulkan design UI & UX gratisan kok. Kamu bisa mengunduhnya kapan saja dan dimana saja tentu dengan login terlebih dahulu ya. Inspirasinya kece dan fungsional banget kok. Cobain deh hehe

g. Freebbble, pusat referensi khusus buat kamu nih ya demen ngulik di Dribbble. Karena website ini mengunggah karya dan tools bisnis gratis mulai dari format Photoshop hingga sketch.

h. Freepik, pemburu gratisan, angkat tangannya? freepik ini telah dikenal sebagai source untuk beragam gambar, ilustrasi hingga template gratis loh.

i. GraphicBurger, butuh mockup design? cus langsung aja kemari. Pilihannya banyak dan cukup menarik buat kamu untuk berkreasi loh. Kuy dipilih dipilih sesuai keinginan hehe

Lanjutan ..

j. FreePSD, bagi Photoshop addict nih daripada ribet cari bahan mockup buat UI maupun UX diluar sana, mending langsung sedot aja nih pusat PSD terbesar di internet.

k. DB Freebies, ini nih kumpulan dari karya gratis Behance dan Dribbble. Mantap bisa dipadu padankan dalam satu website untuk mempermudah pekerja kreatif dan freelancer tanah air nih.



l. Place It, butuh paket mockup? mau dikirim ke email secara bergantian dan berbeda tiap minggu? kunjungi nih websitenya. Disediakan beragam pilihan yang tentu membantu pengilustrasian konten designmu.

m. Pixel Buddha, premium sama gratisannya hampir sama kualitasnya. Coba deh scroll dan pilih-pilih dulu designnya. Kali aja tertarik dan bungkus gan

n. Creative Market Free Goodstiap senin nih bagi-bagi paket design mulai dari font, mockup, design dan sebagainya. Kapan lagi dapet high quality stuff kualitas premium dari Creative Market yato

o. Pixeden, web ini juga menghimpun beragam mockup pilihan mulai dari premium hingga freemium loh.

p. Freebiesbug, bagi kamu yang lagi butuh referensi hingga template design UI bisa dicoba nih dan pastinya lengkap loh.

q. Fribbble, kumpulan file PSD yang telah dikurasi dan dikategorikan sesuai jenis designnya nih.

r. PSDDD, alternatif mengunduh template PSD dan Sketch buat para designer

s. COLOURlovers, pilih warna dasar, kombinasikan dengan warna lain dengan mudah hanya perlu beberapa klik saja. Dapatkan warna sesuai keinginanmu melalui tools bisnis gratis disini.

Lanjutan ..

t. Subtle Patterns, bagi pecinta patern untuk background design bisa mampir kemari deh. Coba kreasikan design dengan sentuhan personal biar jadi perpaduan pola unik versi kamu.

u. Photoshop Gradient, selama ini membuat gradient di Photoshop masih cukup kasar jika dizoom, dengan bantuan plugin pihak ketiga ini dapat memperhalus tekstur gradient design kamu. Cobain deh hehe

v. Focus Effect ON1, mau tools bisnis gratis cuma 14 hari dengan paket lengkap buat edit foto kamu menggunakan efek? cobain deh buka dan unduh toolsnya.

Baca Juga: Strategi Branding Sosial Media untuk Bisnis Anda


2. Pilihan Font

a. Dafont, Tampilan sederhana, mudah untuk diakses dan pilihan font cukup lengkap dibanding website font lainnya sih. Ini jadi salah satu langganan para designer ketika mencari referensi maupun mengunduh font family.

b. Google Fonts, pengen fontmu seperti font di Google Chorome yang semi formal dan lugas? Coba pilih-pilih deh di gudang font besutan Google yang satu ini. Pastinya kamu bakal dapet font family yang kece dan catchy.



c. Font to Width, cari referensi yang banyak buat kolaborasiin font? boleh nih di coba tools bisnis gratis di website yang satu ini.

d. 1001 fonts, bosen pake font yang itu-itu aja? pilih dan download sesuka hati dengan 1001 pilihan font disini. Mulai dari handwriting hingga variasi lainnya.

e. Font Squirrel, website ini juga cukup lengkap disamping dafont loh, ada font identifier juga ketika kamu pengen lihat font kece tapi gatau namanya.

f. Type Wolf, tools bisnis gratis dengan ragam font klasik dan elegan untuk memperindah tampilan designmu. Ada juga font modern gitu, pilihannya banyak dengan tampilan website klasik.


3. Tools Produktivitas Kerja

a. Trello, aplikasi ini dikenal oleh sejumlah organisasi di dunia sebagai alat sederhana namun powerfull dalam tata kelola proyek. Anda hanya perlu membuat kartu kategori dan membuat sub kartu proyek untuk dikerjakan dan dilaporkan secara real-time kepada pimpinanmu yang akan tertanda melalui panel notifikasi.

b. Slack, aplikasi yang super multi fungsi bagi organisasi dimana mendukung beragam fitur yang memudahkan dalam proses komunikasi, berbagi dan mengintegrasikan proyek kepada lintas departemen hanya beberapa ketukan saja.

c. Google Keep, bosan dengan aplikasi catatanmu? coba beralih ke aplikasi ini deh. Selain desainnya yang eye catching warna-warni dan kubikal. Aplikasi ini juga memuat beragam fitur unggulan dan terintegrasi antara smartphone dan web page selama masih login akun gmail.

d. Google Drive, saat ini era cloud computing loh, fungsionalitas hard dan flash disk seakan terkikis. Aplikasi ini sudah otomatis ada dan sepaket dengan layanan Google lainnya. Namun fungsi utama aplikasi ini untuk menyimpan berkasmu dengan aman sehingga tidak perlu repot ketika laptop terkena virus atau error.

e. Google Calendar, bagi seorang pekerja kreatif waktu merupakan segalanya. Maka dari itu perlu adanya management waktu yang baik dan tepat. Aplikasi kalender ini juga sangat berguna terlebih disinkronkan dengan aplikasi google keep. Tentunya akan membuat harimu lebih produktif.

Lanjutan ..

f. Team Viewer, era digital telah tiba dan saatnya memulai pekerjaan secara remote namun tetap bertanggung jawab. Lakukan berbagai hal dengan cepat dari manasaja dan kapansaja sesuai agenda kerjamu pada hari itu menggunakan aplikasi ini.

g. Forest: Stay Focused, era distraksi telah mulai dimana gangguan demi gangguan terus berdatangan terlebih hadirnya smartphone dan internet. Kita perlu mengalokasikan waktu dengan baik. Aplikasi ini membantu dalam memaintenance waktu dengan pendekatan unik dan kamu akan mendapatkan reward lucu. Cobain deh pasti ketagihan untuk menjadi pribadi produktif.

h. MindMup, pekerja kreatif setiap hari dituntut untuk dapat mengeksloprasi ide untuk dikembangkan menjadi inovasi produk. Maka dari itu, perlu adanya bantuan dari tools bisnis gratis mind mapping sehinnga ide yang tercetus dapat dikembangkan menjadi beragam metode dan bermanfaat kedepannya.

i. Survey Monkey, bagi pemilik bisnis mengetahui kepuasan dan menjaring feedback dari konsumen menjadi hal yang wajib dilakukan. Hal ini karena dengan adanya input tersebut kita dapat mengembangkan produk menjadi produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.



Lanjutan ..

j. Share It, bagikan berkas organisasi dengan rekan kerja untuk mempercepat proses penyelesaian pekerjaanmu. Tanpa perlu repot dan hanya beberapa sentuhan saja.

k. Google Translate, aplikasi menjadi penyelamat bagi sebagian besar masyarakat Indonesia dimana mereka belum fasih dalam berbahas asing. Begitupun dengan pekerja kreatif, mereka dapat mencari istilah asing untuk menunjang kosa-kata yang ingin ditampilkan pada produknya.

l. Noisli, kamu punya masalah dengan fokusmu karena banyaknya distraksi yang ada? Cobain aplikasi ini deh, dengan bantuan alunan lagu yang suasional dan menyejukan hati ini tentu produktivitasmu akan meningkat.

m. Noizio, kamu fanboy/fangirl Apple yang sering butuh focus booster? cobain aplikasi ini dengan tampilan yang sederhana dan menarik.

n. Coffitivity, lagi suntuk dengerin playlist lagu yang biasanya? website ini menyediakan lagu pilihan yang tentunya berguna meningkatkan kreativitas dan produktivitasmu loh.

o. Cold Turkey Blocker, saat ini dengan banyaknya aplikasi digital yang ada dan mungkin terinstall di laptopmu tentu akan memunculkan pop-up sehingga kerjamu akan terganggu. Menggunakan tools gratis ini pastinya kamu bisa memblock beberapa aplikasi yang mengganggu. Kerja aman dan lancar tanpa gangguan lagi.

p. Dropbox, penyimpanan awan yang mudah digunakan dan telah tersedia di beragam perangkat baik smartphone hingga personal computer. Memudahkan penyimpananmu ketika slot hard disk pc minipis. Namun ruang penyimpanan ini terbatas untuk pengguna namun tetap cukup untuk menyimpan berkasmu dengan aman kok.

q. Mega, tools bisnis gratis ini pada hakikatnya sama dengan G Drive & Dropbox untuk penyimpanan internet namun memiliki kelebihan yaitu memiliki ruang 50 GB untuk pengguna awal dan free account.

r. bit.ly, merasa link ingin kamu bagikan terlalu panjang? ini nih solusinya untuk meringkas dan mengkustom linkmu tersebut agar lebih enak dipandang dan membranding kontenmu.

s. ColorHunt, lagi mendesain atau lagi cari perpaduan warna yang kece? tenang, di tools bisnis gratis ini kamu akan diberikan rekomendasi atau mengkostumisasi warna yang tentunya matching dan menawan.




4. Tools Gratis Foto HD

a. Stock Snap, tools bisnis gratis ini merupakan kumpulan gambar HD yang menawan untuk melengkapi design atau menjadi wallpaper laptopmu.

b. Unsplash, pusat gambar dari fotografer dan komunitas ternama dalam mencurahkan karyanya di website ini secara gratis bagi masyarakat dunia.

c. Pixabay, gambar HD tanpa royalti, kualitas gambar jempolan.

d. ISO Republic, foto gratis untuk semua orang dan pilih sesuka hati sesuai dengan keinginanmu

e. Little Visualgambarnya bejibun dan yang paling penting bebas diunduh. Dapatkan gambar pilihan dari editor melalui emailmu ketika mendaftar dan berlangganan.

f. Gratisography, namanya Gratis yato dan pastinya kamu secara suka-suka mengunduh gambar HD kapan dan dimana aja.

g. Foodiesfeed, kreator konten makanan pasti butuh dong gambar referensi yang banyak dari food crafter terkemuka. Nah, tools bisnis gratis ini menyajikan beragam bentuk sajian tema makanan yang eye-catching.

h. Death to Stock, dapatkan 14 hari trial untuk gambar kualitas terbaik di website ini.

i. PIC Jumbo, pilihan gambar resolusi tinggi

j. Resplashed, Dapatkan gambar resolusi tinggi dengan beragam varian untuk proyek design dan webmu.



k. New Old Stock, stok foto vintage dari arsip publik yang dikoleksi untuk dipergunakan masyarakat secara gratis.

l. Startup Stock, para designer butuh foto suasana kerja startup bisa banget di cek website ini.

m. Function, tools bisnis gratis ini merupakan arsip foto gratis bagi publik nih

n. Photo Collections, koleksi foto karya ini sangat menarik bagi penggemar foto ekosistem alam

o. Street Will, butuh foto street yang kece badai dan berlokasi di luar negeri. Cocok nih tools bisnis gratis ini buatmu

p. Realistic Shots, foto artistik dari fotografer lepas yang mempersona.

Lanjutan ..

q. Jay Mantri, arsip foto dari Jay Mantri dengan suasana perkotaan dan modern

r. Travel Coffee Book, kumpulan foto perjalanan, kopi dan buku yang menginspirasi kamu.

s. Life of Pix, menyuguhkan beragam foto artistik dan arsitektur luar negeri yang mempesona

t. Magdeleine, karya tangan dari fotografer handal disajikan dalam tampilan memukau.

u. Pexels, gudangnya foto kualitas jempolan yang populer nih, cobain deh pasti nagih fotonya

v. Public Domain Archieve, ini hampir sama dengan Pexels dimana menjadi laman yang populer dalam mencari gambar HD

w. Superfamous Studios, foto dari fotografer dan designer terkemuka di luar negeri nih

x. Epicva, tools bisnis gratis ini berisikan foto kece dan menawan dengan panorama menawan Eropa

y. Split Share, foto gratis untuk digunakan kepentingan komersial dan cobain lihat-lihat dulu deh fotonya kece dan menawan.

z. Cupcake Nilsson Lee, tools bisnis gratis ini merupakan kumpulan foto kualitas wahid bertema panorama alam yang mempesona dari fotografer Nilsson Lee. Pastinya akan melengkapi karyamu dan memperhias wallpaper laptopmu.

Bagaimana? diatas merupakan pilihan tools bisnis gratis yang dapat kamu manfaatkan untuk menunjang pekerjaan bukan? Seiring berjalannya waktu, aku akan perbaharui dan tambahkan lagi beberapa website yang tentunya bermanfaat.

Jika ada masukan dan sanggahan terkait artikel tools bisnis gratis ini dapat dibubuhkan di kolom komentar dibawah ini ya.

Semoga Bermanfaat 🙂

Ardian Dinar Pratama

Founder of MudaPedia Indonesia, Brand Enthusiast, Chairman at PERHUMAS Muda Semarang & Project Manager at Kompas Corner SCU

This Post Has 3 Comments
  1. Lengkap banget toolsnya buat main internet marketing gan. Kalo saya blogging suka pakai aplikasi canva untuk membuat/edit gambar karena mudah dan gratis tentunya wkwkwk

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top